Arti Liburan bagi Santri Darul Hikam

Liburan lebaran memang sudah hampir usai, namun bagi santri Pesantren Darul Hikam liburan tersebut bukan sekadar waktu pulang menemui orang tuanya. Ada makna lebih karena berstatus sebagai santri.

Pertama, justru di masa liburan inilah banyak santri yang mengabdi kepada masyarakat. Ikut serta di pengajian, ikut serta dalam kegiatan ramadhan.

Terlebih santri-santri sudah memiliki hafalan Al Quran. Ada yang lima juz, hingga hampir khatam. Mereka memiliki kewajiban untuk memakmurkan masjid-masjid di desa masing-masing dengan tadarus Al Quran.

Di sisi lain kami berpesan agar mereka memakmurkan rumah masing-masing dengan bacaan Al Quran. Karena rumah butuh siraman lantunan ayat suci agar terasa nyaman bagi keluarga.

Lebih jauh lagi kami berharap hal tersebut memiliki dampak positif bagi sanak famili. Mereka lebih semangat membaca Al Quran karena melihat buah hati mereka melantunkan Al Quran dengan indah.

Bahkan jika belum semangat, hatinya terketuk untuk lebih giat dan semangat dalam membaca Al Quran. Santri-santri kami membawa energi tersebut sebagai bekal di akhirat kelak.

 

Leave a Comment