Berapa Kali Mengulang Ayat Sebelum Menghafal?

Bagi santri atau wali murid di rumah yang ingin menghafal Al Quran, mungkin muncul pertanyaan tentang berapa kali baiknya mengulang-ulang ayat agar cepat hafal, terutama agar benar-benar melekat.

Nah di Darul Hikam Mojokerto sudah menyediakan buku yang memang khusus memantau pengulangan ayat atau hafalan. Hal ini dengan tujuan untuk melihat jika memang santri sulit menghafal, bisa jadi ada kesalahan jumlah pengulangan hafalan.

Oleh sebab itu minimal untuk satu ayat atau bagian yang ingin dihafal, bisa dibaca berulang-ulang terlebih dahulu antara 20-40 kali. Cara demikian bertujuan untuk menciptakan suasana refleks pada lisan. Lama-lama menghafal.

Apalagi jika ditemukan ayat-ayat yang sulit. Atau antara satu ayat dengan ayat yang lain terdapat kemiripan, maka harus lebih giat lagi diulang.

Setelah Hafal Tetap Diulang

Bahkan meskipun sudah hafal, seorang hafidz wajib mengulang-ulang kembali hafalannya. Setidaknya tiga kali sampai lima kali. Sehingga santri benar-benar melekat dan tidak mudah hilang.

Karena seringkali banyak yang mudah menghafal, tapi malas mengulang. Inilah penyakit menghafal Al Quran yang banyak terjadi. Padahal lebih utama terus mengulang-ulang agar tidak mudah hilang hafalannya.

Bahkan kalau setelah hafal ternyata mudah hilang, maka coba pikirkan ketika masa menghafal, apakah sudah mengulang ayat sampai 20 kali, atau hanya 7 kali saja. Semakin banyak mengulang ayat, semakin mudah Anda menghafalkan Al Quran.

Leave a Comment