Ijazah Sanad Tahfidz Quran Darul Hikam Mojokerto

Sanad Tahfidz Al Quran merupakan sebuah landasan atau sandaran bahwa tahfidz tersebut sesuai dengan sumbernya. Dalam hal Al Quran berarti menyambung kepada Rasulullah SAW yang berarti sesuai dengan tata cara dan tuntunannya.

Sanad Tahfidz Al Quran di era modern seperti sekarang sangatlah penting. Karena begitu menjamurnya pendidikan tahfidz Al Quran namun lebih mementingkan kecepatan dari pada kualitas hafalan itu sendiri.

Hadirnya sanad akan membedakan antara yang sebatas menghafal dengan hafalan yang mutqin, atau benar-benar hafal.

Sanad Darul Hikam Mojokerto

Sanad Tahfidz Pesantren Darul Hikam Mojokerto dipegang oleh Abah Yai Masruhan Choteb yang bersumber dari Syeikh Hisyam Ihsan, hingga berikutnya dan seterusnya mencapai Nabi Muhammad SAW.

Oleh sebab itu tahfidz Quran di Darul Hikam selalu melewati beliau dalam aspek ujian kelulusan meskipun dalam beberapa juz saja. Terlebih bagi santri yang ingin khataman 30 juz Al Quran akan diuji beliau agar mendapatkan ijazah sanad.

Oleh sebab itu di Pesantren Darul Hikam juga diadakan program sanadan. Yaitu mengambil sanad dari Abah bagi yang sudah memiliki hafalan. Tentu harus lulus ujian-ujian yang sudah ditetapkan terutama agar sesuai dengan standar sanad tahfidz Al Quran.

Berikut kami sertakan foto ijazah sanad Al Quran KH. Masruhan Choteb.

Leave a Comment